Sunday, February 7, 2010

POAC Development Training dan Outbound PPI-UTP

Pada tanggal 31 Oktober 2009, PPI UTP mengadakan hajatan besar bertemakan POAC (Planning, Organizing, Actuating and Controlling) Development Training dan diikuti Outbound pada hari berikutnya, 1 November 2009. Acara yang diselenggarakan oleh Departemen SDM PPI UTP ini, bertujuan untuk memberikan pengetahun dasar tentang keorganisasian dan mengasah kemampuan soft skill para pengurus baru PPI UTP periode 2009-2010.
Acara hari pertama yang diselengarakan di Seminar Room 1, Undercroft, Chancellor Complex Universiti Teknologi Petronas ini berisi pelatihan tentang motivasi dan POAC. Peserta yang terdiri dari pelajar asal Indonesia dan Malaysia begitu antusias mengikuti penjelasan yang disampaikan oleh sang pembicara. Pembicara yang dihadirkan kali ini adalah Muhammad Abduh, S.Si, M.H.I, M.Ec seorang trainer handal, mahasiswa kandidat doktor bidang Ilmu Ekonomi dan Keuangan Islam, Universiti Islam Antarbangsa. Dalam uraian di sesi pertama, ayah tiga orang anak ini menjelaskan tentang motivasi dan faktor – faktor yang bisa penambah motivasi dan sebaliknya, faktor-faktor yang bisa menjadi demotivator. Satu hal yang paling diingat oleh para peserta adalah ungkapan yang sangat menarik dan unik dari sang trainer, would you marry you? yang diambil dari salah satu motivation book karya James C. Wadley, Ph.D



Sesi pertama ditutup dengan sebuah permainan dimana peserta diminta untuk menuliskan beberapa hal yg dianggap sebagai kelebihan dan kekurangan masing-masing dan mempresentasikannya. “saya orangnya galak, ga teratur, ga terjadwal.tapi ramah dan bisa menghidupkan suasana” begitu kata salah seorang peserta yang disambut gelak tawa peserta yang lain. Lima orang peserta maju ke depan untuk menjelaskan hasil “perenungan” tentang kelebihan dan kekurangan masing-masing.
Setelah coffee break, acara dilanjutkan dengan materi sesi kedua tentang Planning, Organizing, Actuating and Controlling. Setelah pemberian materi, acara dilanjutkan dengan simulasi POAC. Peserta dibagi dalam beberapa kelompok untuk membuat sebuah acara dan mempresentasikannya. Beragam ide acara disodorkan oleh para peserta. Mulai dari pelatihan penulisan dalam bahasa Inggris, acara malam keakraban anggota PPI, pentas budaya international, sampai lomba film dokumenter. Acara ini juga dimeriahkan dengan pembagian door prize untuk para peserta. Peserta dengan ide acara terbaik mendapatkan hadiah menarik dari panitia.

Acara hari berikutnya diisi dengan outbond. Acara pertama adalah pemanasan sebelum jogging, yaitu senam poco-poco di Sport Complex V5 yang dipimpin oleh Anti. Senam yang cukup menyegarkan dan meningkatkan semangat para peserta. Acara dilanjutkan jogging dengan track mulai dari Sport Complex V5-hutan belakang-Chancellor Complex hingga berakhir di Jogging Track UTP. Belasan peserta yang ikut begitu bersemangat menyusuri track yang cukup jauh ini. Bagaimana tidak, sepanjang acara jogging ini, para fotografer handal PPI UTP, Bang Oki dan Bang Firman, tidak lupa untuk selalu mengabadikan berbagai pose menarik para peserta.



Acara terakhir dari rangkaian training selama 2 hari ini adalah games. Peserta dibagi dalam 5 kelompok, dua kelompok putri dan 3 kelompok putra. Panas terik matahari UTP tidak mengendurkan semangat peserta untuk mengikuti berbagai games menarik yang telah disiapkan panitia. Minesweaper, Spiderwall, Across The Sea dan Ball transfer adalah games yang melatih kecerdasan, ketangkasan, dan kekompakan yang harus diikuti oleh para peserta. Dalam acara kali ini, grup Anarki keluar sebagai juara pertama diikuti oleh grup Cikicikibumbum dan Cantik banget dan Imut banget sebagai juara kedua dan ketiga.



Departemen SDM PPI-UTP sebagai penyelenggara, sangat berharap acara yang telah dilaksanakan ini mampu memberikan pengetahuan baru dan suntikan semangat bagi para pengurus PPI UTP yang sedang menjalankan tugasnya untuk masa kepengurusan periode 2009-2010.
Photo taken by Bang Oki & Bang Firman

0 comments:

Post a Comment